Pentingnya Asuransi Kesehatan di Era Pandemi Saat Ini

Aset yang paling berharga di era pandemi saat ini adalah kesehatan. Harta yang tidak bisa dibeli yaitu dua hal kebahagiaan dan kesehatan. Tubuh yang sehat akan datang bersama kebahagiaan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan yakni berupa asuransi.

Dengan perlindungan atau jaminan yang Anda dapat dari asuransi kesehatan, maka Anda tidak perlu khawatir ketika sakit menyerang secara tiba-tiba. Sudah saatnya, Anda paham akan pentingnya asuransi kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga.

Secara umum, membeli asuransi kesehatan sama dengan membeli perlindungan terhadap risiko gangguan pada kesehatan. Risiko gangguan kesehatan tersebut berupa pertanggungan biaya perawatan dan pengobatan jika terjadi hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Saat Anda mengalami sakit di kemudian hari maka biaya perawatan maupun pengobatannya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Biaya yang ditanggung pihak asuransi bisa sebagian maupun seluruhnya tergantung dari besar premi yang dibayarkan.

Premi merupakan uang yang wajib dibayarkan nasabah asuransi kepada pihak asuransi. Besaran premi bermacam-macam sesuai dengan manfaat perlindungan yang akan didapatkan. Pembayaran premi bisa dilakukan setiap bulan maupun satu tahun sekali.

Hal-hal yang Perlu diketahui Mengenai Asuransi Kesehatan

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, Anda harus mengetahui dan memahami hal-hal berikut ini.

1. Cakupan Perlindungan

Setiap perusahaan asuransi memiliki cakupan perlindungan yang berbeda. Cakupan perlindungan asuransi kesehatan bisa berupa biaya rawat inap, rawat inap dan rawat jalan, biaya penyakit kronis, serta perawatan dalam dan luar negeri.

Cakupan perlindungan yang diterima nasabah tergantung dari jenis asuransi serta besar premi yang dibayarkan. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan asuransi yang diperlukan. Anda tidak boleh asal mengambil maupun menyetujui saran dari agen asuransi.

2. Klaim Asuransi

Klaim asuransi kesehatan terdapat dua jenis yaitu cashless dan reimburse. Untuk asuransi cashless, pembayaran biaya rawat akan langsung dibayarkan. Untuk tagihan rumah sakit secara otomatis akan dibayar maupun dilunasi oleh pihak asuransi.

Cara klaim asuransi jenis cashless, Anda cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kepada pihak rumah sakit. Setelah pihak rumah sakit melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi dan dinyatakan benar, maka selanjutnya pihak asuransi akan langsung membayarkan biaya perawatan.

Sedangkan untuk asuransi jenis reimburse, Anda harus mengeluarkan biaya perawatan terlebih dahulu. Untuk proses klaim asuransinya bisa Anda lakukan setelah selesai menjalani perawatan di rumah sakit. Dana talangan yang sebelumnya Anda keluarkan dapat Anda klaim ke pihak asuransi. Namun, sebelum mengajukan klaim Anda harus melengkapi dokumen-dokumen pendukung agar klaim dapat disetujui.

Perbedaan Manfaat Pertanggungan Asuransi Kesehatan Abda dan Astra

Perusahaan asuransi Abda dan Astra merupakan perusahaan yang cukup besar di Indonesia. Kedua perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang direkomendasikan pada website lifepal. Keduanya juga mempunyai banyak jenis asuransi diantaranya asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan Abda dan Astra memiliki perbedaan pada manfaat pertanggungannya, berikut sekilas pembahasannya.

Asuransi Kesehatan Abda

Polis Asuransi Kesehatan Abda memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya rawat inap selama perawatan di rumah sakit. Untuk biaya rawat inap yang ditanggung meliputi penggantian biaya kamar perawatan, dokter yang merawat, pembedahan, laboratorium dan obat. Asuransi kesehatan Abda juga memberikan santunan kecelakaan diri.

Ada manfaat tambahan seperti rawat jalan dan gigi, persalinan serta kacamata jika Anda membeli asuransi kesehatan Abda. Segera cek dan pelajari polis Asuransi Abda yuk untuk mendapatkan manfaatnya.

Asuransi Kesehatan Astra Buana

Produk asuransi kesehatan Astra Buana bernama Garda Healthtech. Produk asuransi ini memberikan manfaat rawat jalan dengan premi terjangkau mulai dari Rp. 299 ribu per tahunnya.

Bagi pengguna Garda Healthtech akan diberikan akses untuk konsultasi secara online di aplikasi Halodoc maksimal 14 kali konsultasi. Untuk konsultasi secara tatap muka, pengguna mendapat 7 kali kesempatan dengan rujukan dokter umum maupun spesialis. Segera pelajari polis Asuransi Astra dan rasakan kemudahan dalam mendapat perawatan kesehatan.